jadi bisnismeen?sapa takut?

hummm anda maw berbisnis..silahkan sharing dsni...

Kita nih, hidup di dunia ini sangatlah bergantung pada selembar/sekeping uang, apalagi di Indonesia yang notabene menerapkan UUD (ujung ujungnya duit), yaaah g perlu saya bahaskan? Mungkin tau pernah ngalamin sendiri lah. Tapi yang pengen gue tulis nih bukan masalah itu, tapi masalah bagaimana mencari duit tersebut, tentu dengan cara halal. Menurut gue sih, sampai detik ini gue nulis dan belum mendapatkan wangsit lagi, orang-orang bisa mendapatkan duit dengan 3 cara terlepas dari tujuannya mencari duit yaah pertama jadi bisninmeeeen, kedua bekerja menjadi karyawan dan terakhir menengadahkan tangan minta-minta (hehehe, kesannya gmn gituuuuh,,,). Untuk mencari duit tersebut, kita bebas memilih tanpa ada paksaan apalagi intervensi dari pihak asing (halah, kyk gue ngerti ajah artinya,,,hehehe). Yang 2 hal terkahir ini g kan gue bahas, tapi yang bakalan gue angkat adalah bagaimana mencari duit dengan cara menjadi bisnis meeeeeen , neh ada beberapa tips berdasarkan pengalaman gue ngejalanin beberapa bisnis yang sudah pernah berhasil :

1. Mencari jenis usaha.

Orang-orang sering kali kebingungan mencari bisnis apa yang akan mereka gelutin, pokoknya g kepikiran dia maw bisnis apa. Untuk memecahkan masalah ini bisa kita tempuh dengan 2 cara, yaitu melihat bisnis yang sudah berkembang disekitar kita atau mencari bisnis yang belum berkembang. Untuk yang pertama, coba deh copy-paste dengan bisnis yang udah ada, simple kan?jgn malu-malu, wunk perusahaan-perusahaan besar juga ngelakuin ini. Misalnya, ditempat anda tuh sedang berkembang bisnis internet, nah cobalah untuk berbisnis ini. Coba cari apa2 saja sih yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini, bisa dengan baca buku, nanya ketemen atau ngintip2 pengusaha lainnya (ati2 bintitan…hehe). Yang kedua adalah, dengan memulai bisnis yang belum berkembang, untuk memulai bisnis seperti ini kita dituntut untuk mengerahkan semua kemampuan kreativitas kita. jadi jika anda merasa bukan orang yang memiliki kreativitas tinggi, yaah jgn2 so’ so’an berpusing ria mencari bisnis yang belum ada, cukup dengan bisnis yang sudah dimulai oleh orang lain, lihat dan perbaiki.

2. Mencari sumber dana.

Kalo anda mempunyai sumber dana yang cukup untuk memulai suatu bisnis yaaaah Alhamdulillah, tp g semua orang. Pusingkan? Ada rencana maw bikin bisnis eh mentok di pendanaan. Jk kamu termasuk yang tidak memiliki modal, coba deh kamu rancang dulu bisnis yang akan bikin, bikin dalam sebuah bentuk rancangan bisnis atau bisnis plan. Tahap awal, buat secara ringkas tapi jelas bisnis apa yang akan kita gelutin. Setelah jadi, coba deh bisnis plannya jadi, coba cari orang2 yang mampu untuk mendanai bisnis kamu ini, misal, orang tua, temen atau orang2 mampu lainnya. Untuk mencari dana dari inverstor ini juga ada tipsnya loh, “buatlah bisnis plan yang sesuai dengan orang yang kita tuju”, soalnya begini, mungkin dalam bisnis plan tersebut kita terlalu menggembar gemborkan keuntungan finansial dari bisnis yang akan kita jalani padahal keinginan investor adalah mungkin lebih menitik beratkan pada keuntungan sosial yang didapatkan dari bisnis tersebut. Jadi coba tilik2 dulu mawnya apa sih investor kita itu. Setelah itu, buatkan bisnis plan yang lebih lengkap sesuai dengan apa yang diinginkan dari investor tersebut. Kalo bingung bikin yang lengkapnya, banyak kok buku2nya di toko buku.

3. Jangan takut untuk memulainya.

Jika anda sudah mendapatkan kedua hal diatas, jalanin ajaaaah, jgn takut2 lagi, hal yang paling sering gue temuin adalah yang ketiga ini, orang terlalu banyak takutnya, ginilah gitulah. Yaah pokoknya jangan takut dengan hal hal yang belum tentu dapat mengancam bisnis anda, misal takut rugi karena g ada pembeli, aargghhhh jauh2in deh pikiran seperti ini, jika nantinya ternyata bener, kan kamu bisa identifikasi, kenapa sih produk kamu ini g ada pembelinya, nah ini kan didapatkan setelah kita memulainya, jadi kalo g dimulai g kan tau kedepannya seperti apa. Ingat iklan “Nike”, JUST DO IT

4. Jangan berfikiran untung dulu.

Orang2 dalam berbisnis sudah barang tentu mencari untung, yaaaa iyalaaaaah masa maw nyari rugi,,, tapii jgn deh berfikiran bahwa bisnis itu selalu untung, ntar ditengah jalan kalo ada kendala stress lagi,, contohnya gini, waaah “ntar gue untungnya segini niiih”. tapi coba fikirkan dan fokuskan bagaimana siiih usaha kita ini akan selalu memiliki keuntungan, “dengan gue ngalukuini ‘ini’ gue bisa ngedapetin keuntungan sekian sekian sekian”. Eitsss jangan ngelakuin hal2 yang mencari untung dengan jalan yang g bener yaaaaah. Inget sekali konsumen merasa kecewa kalo kamu menggunakan hal2 yang g baik, bakalan susah dia bakalan balik kekamu lagi.

5. Inovasi

Setelah bisnis jalan dan menguntungkan cobalah inovasi, jangan berjalan ditempat, waktu tuh jalan terus bukan jalan ditempat kyk anak2 pramuka tea, “jalaaan ditempaaat graaaaak” (kyknya g penting deh jalan ditempat, mending diem ajah!!!hehe). coba lirik2 lagi, usaha kita kurangnya apa sih, pa iya kedepannya konsumen kita ituh keinginannya konstan seperti ini, coba deh lakukan inovasi bisnis kamu.

6. Jangan pernah puas dengan 1 bisnis jika sudah berhasil.

Ini bukan dalam arti maruk yaaaaaah, kalo sudah berhasil dengan satu bisnis, coba persiapkan lagi bisnis yang baru jangan seumur hidup menggelutin bisnis ituh. (maruk ituh, belom bisnis 1 berhasil dah pengen buka bisnis yaaang laen,,,beuuuh ati2 streess entar,,,hehhee)

So ???

ITS TIME TO BE BISNIS MEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEN…

KALO DITANYA LOE KERJA KAMU APAH? BISNIS MEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEN…

KALO DITANYA LOE KERJA DIMANA? BISNIS MEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEENNNNN…

KALO DITANYA LOE NGAPAIN? BISNIS MEEEEEEEEEEEEEEEEEENNNNNNNNN…

KALO DITANYA LOE KENAPA SIH LOE? BISNIS MEEEEEEEEENNNNNNNNNNNNNN…

KALO DITANYA, SAPA TUHAN MU? Jangan jawab bisnis meeen,, di azab baru tau loe…hahahahahahaha….

Iklan

15 Komentar »

  1. vita said

    assalamualaikum wr wb weeeeek…… kebeneran nie… ane lg m buka usaha kecil2an tp,bawaanya takut muul buat memulainya…. itu smua tanpa alasan coz (waktu SMA cuba2 bisnis jualan buku, laris bgt emang,tapi,pd ngutang,parahnya ane malu,tkut dll setiap m nagih,alhasil banyak lah yang ga pada bayar beneran….) lulus mbil kul yang bisnis jual baju lah, buka depot minuman lah mpe jualan pulsa semuanya ludes tanpa hasil boro2 dapet untung always rugi total… (padahal setiap m buka usaha,modalnya selalu hasil tab ane sendiri dr hasil ker m orang,sayang banget kan?) klo gt gmn cuba? apa ane ga bakat jd bisnis men ato ga mujur ato apa?klo di bilang kurang krj keras ( melotot loh mata ane…. ^-^) n yang jd pertanyaan ane selanjutnya….. sekarang ane m buka usaha fotokopyan dgn modal 30jt,(semuanya blm ada termasuk t4 buat usaha) apa aja yang mesti ane persiapkan/?trus biar ga rugi2 lg gmn tu? oya posisi ane d bandung…..kira2 t4 yg paling cocok dmn( yang dah pasti mesti deket kampus) bagi ilmunya ya….. sukron bgt….. wass

  2. mesinkasir said

    suree, be a businessman, kalo kagak salah 9 dari 10 pintu rejeki tuh dari dagang (Bisnis) 1 nya dari kerja dengan orang lain. Para sahabat dan juga Nabi itu juga profesinya pedagang bahasa sekarang” Bisnismen”. Setujuuuuu

  3. fnoviariansyah said

    booo..
    bedanya pa ya antara businessmen, busyness men, ma entrepreneur?
    hu hu..
    jd neh
    garap lahan kekonsultanan….

  4. haris said

    udah banyak teori enterpreunership, yg jelas berani mencoba,.,.gagal biasa,.berhasil juga biasa,.,.,toh yg jelas udah usaha,.,.seorang pebisnis nantinya punya teori sendiri setelah mencoba.,..,dan itu jd keyakinan masing2.,.,goodluck,…,.

  5. dEEt said

    kpikiran nih, someday pgen jg jd bisniswomen..
    bkn bisnismen loh wan.. :mrgreen:

  6. miR_ said

    ayooo kita bbisnis..

    ajarin saia senior,,

    uhukkk,,

  7. ridho said

    mantafffffffff..
    pesannya kena banget..
    w mau nanya nih..
    w kan buka rental studio band dirumah. trus karena akses masuk ke ruang studio agak ribet (banyak tantangan/anjing galak), rencananya saya mau buat tangga darurat(tapi g bener2 darurat lho). perkiraan w pasti butuh duit yg gede juga buat tangga nya. Rencanya w mau buat proposal untuk investor (kalo boleh A-mild) ya sekalian mereka bisa pasang iklan kan di studio w..

    menurut mas, apa rencana saya ini g berlebihan (A-mild ngasi dana g ya). Jujur aja, untuk keluar uang lagi w udah g bisa.

  8. u turn said

    mau jd enterpreuner?? menurut gw sih cukup bc 2 buku ini aj :
    – Rich Dad Poor Dad, n’
    – Cashflow Quadrant
    karangan si enterpreuner otodidak keturunan Jepang-Amerika,
    om Robert T. Kiyosaki
    100 jempol dah buat bukunya!

  9. alfath said

    berapa sih modal awal untuk buka studio musik standart? bagi infonya donk…!!!

  10. indra said

    mau cb bisnis di internet ga pake modal cuma daftar dolar recehan
    Yg punya FB $ gratis dari paypal http://apps.facebook.com/paypalwishlist/?ppref=1505739457&ref=mf
    Tiket murah Get cheap Airasia ticket

  11. nanang said

    bener juga kata2 u,thanks yo

  12. aan said

    gue mau buka usaha cafe’ buat tongkrongan anak2 muda jg orang tua,anak2 dg menu2 beraneka es,makanan ringan,misal aja roti bakar,jamur kremes,pisang kremes dll,tapi masalahnya nah ntu tadi dana men,modal masih belum ada,bisa di bilang kurang lah,sedangkan gue sendiri masih kerja di perusahaan swatsta,gmn caranya ya buat daptin investor,atau pinjaman dana gitu,scara kalo bank ngash pinjaman buat yg udah pada jalan usahanya..

    thanks
    aan

  13. Nuraeni said

    ajarkan donx..:)

    thank’s tipsnya bagus tuch..

  14. jauhari mk said

    Tulisan yang menarik untuk memulai usaha.
    Kalau boleh saya ingin sharing .. melengkapi dari sisi kalkulasi finansialnya untuk membuka usaha secara simple dan applicable untuk small business .. tulisan bisa di lihat di http://finplanner-jauhari.blogspot.com/2012/01/bagaimana-menghitung-kelayakan-bisnis.html#more

  15. 168sdbet said

    Terima kasih gan atas informasinya, sudah beberapa hari ini saya mencari informasi ini, ini sungguh sangat membantu saya . mulai sekarang saya akan bookmark blog ini agar saya bisa kembali dan melihat informasi yang terbaru.
    mungkin agan atau pengunjung blog agan juga membutuh kan infomasi dari saya, silahkan liat artilek saya yang sangat Mohon kunjungi website kami
    http://www.168sdbet.com
    Terima kasih

RSS feed for comments on this post · TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: